Selasa, 08 Oktober 2013

Tawon Garuda

Tawon Garuda Gadis

Jangan berpikir  bila mendengar nama Monster Garuda kita akan menemukan burung pemangsa raksasa. Garuda satu ini adalah spesies tawon yang baru ditemukan tahun 2011 lalu. Kita kenalan yuk, dengan tawon yang punya nama lain Megalara Garuda ini!

Siapa sangka Pulau Sulawesi memiliki jenis tawon raksasa yang belum pernah terdeteksi sebelumnya. Megalara Garuda ditemukan saat Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama University of California sedang melakukan Ekspedisi Mekongga. Namanya berasal dari kata “Mega” yang berarti besar, dan “Delara” adalah nama genus hewan yang paling mirip dengan spesies ini. Sedangkan kata “Garuda” diambil dari hewan simbol negara Indonesia yang juga berarti raja burung dalam mitologi Hindhu India.

Julukan ‘monster’ diberikan karena rahangnya yang besar, bahkan lebih panjang dari kaki depannya. Dugaan sementara, rahang ini berperan sebagai pertahanan, memangsa, dan juga reproduksi. Selain itu, serangga ini juga punya Ruang Malar (ruang antara mata dan rahang bawah) yang sangar besar. Lebarnya tersebut tidak dimiliki oleh hewan dengan genus lain. Monster Garuda ini juga mempunyai rambut halus dan pendek berwarna hitam.

Cara hidup serangga berukuran 25-34 mm ini masih misterius. Hal ini disebabkan Megalara jarang ditemukan dalam kondisi hidup. Para ilmuwan masih mengadakan penelitian lebih lanjut terkait tawon raksasa tersebut.

Semoga berhasil mengungkap misteri Raja Tawon ini, ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar