Selasa, 08 Oktober 2013

Frilled Shark

Frilled Shark Gadis

Pasti tahu dong ikan hiu? Ikan pemangsa ini sering ditakuti oleh manusia. Bentuknya pun pasti sudah kita kenali. Nah, tapi ada jenis hiu yang beda banget dari hiu kebanyakan. Soalnya hiu yang ini berjumbai dan bentuknya menyerupai belut. Coba kenalan sama hiu yang dikenal dengan nama frilled shark ini yuk!

Frilled shark atau hiu berjumbai ini adalah hewan yang langka di dunia ini. Ikan ini pertama kali ditemukan di Jepang pada tahun 2007 dan sering kali beredar di kedalaman 500 meter sampai 1.500 meter. Nah, sesuai dengan namanya, hiu ini terdapat jumbai yang melekat pada ingsangnya yang berjumlah enam pasang. Makanya, hewan ini dinamakan hiu berjumbai.

Badan ikan ini berwarna cokelat, panjangnya sekitar dua meter, dan bentuknya mirip seperti belut. Kalau soal makanan, biasanya ia menangkap mangsanya yaitu cumi-cumi, ikan bertulang dan hiu yang bertubuh yang lebih kecil darinya. Cara frilled shark menangkap mangsanya mirip seperti layaknya ular yang melilit mangsa buruannya. Dimulai dengan cara menekuk tubuhnya lalu menerjang maju secara gesit.

Sayangnya, ikan hiu ini sudah sangat susah dan jarang ditemukan dilaut. Tingkat reproduksinya pun sudah sangat rendah bahkan terancam punah. Walaupun bentuknya menyeramkan, ikan ini harus kita lestarikan karena sudah termasuk hewan langka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar