Selasa, 08 Oktober 2013

Cendrawasih, Si Jago Tari Asal Papua

Ternyata, di dunia ini nggak cuma manusia aja yang bisa menari. Burung Cendrawasih yang dijuluki Bird of Paradise ini juga jago menari. Burung unik asal Papua ini memang beda dari burung-burung lainnya. Apa saja keunikannya? Yuk, kita cari tahu!


Burung Cantik Asal Papua

Burung Cendrawasih adalah hewan asli Indonesia yang kita temui di hutan pedalaman Papua Barat, tepatnya di kepulauan Asmat. Tapi, jangan berisik ya kalau ketemu atau sekedar mau melihat burung ini menari. Karena aslinya, mereka agak pemalu. Kalau kita berisik, bisa-bisa mereka langsung kabur dan bersembunyi. Soalnya, mereka menganggap suara kita mengancam keberadaan mereka.

Si Jantan yang Jago Nari 

Jangan heran ya, jika ternyata si jantan lah yang lebih jago menari daripada si betina. Pasalnya, tarian ini merupakan salah satu trik pejantan untuk menarik perhatian si betina. Sebelum menari, ia selalu memastikan lingkungan sekitarnya jauh dari gangguan, entah hewan lain bahkan manusia. Si jantan juga akan memastikan lokasi yang dipilihnya banyak didatangi oleh sang betina. Ketika dua syarat tersebut sudah terpenuhi, langsung saja si jantan menari tanpa henti, menggoyang-goyangkan pinggul mereka, berputar-putar, sambil memperlihatkan keelokan bulu hitam mereka. Dan, dalam hitungan menit si betina yang tertarik, akan langsung menghampiri si jantan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar