Senin, 16 September 2013

Berbicara Sendiri Memiliki Banyak Manfaat

Tidak setiap aktivitas individu yang berbicara sendiri itu layak disebut orang gila. Justru sebaliknya, bila bicara sendiri dikerjakan pada waktu yang tepat malah dapat menjadi perangsang bagi otak untuk makin merespons keadaan lebih cepat. Demikian dikutip Genius Beauty.
Ini terlihat dari sebuah studi yang dilakukan Universitas of Wisconsin-Madison. Dalam temuannya, para peneliti meyakini bahwa bicara sendiri akan bermanfaat bagi otak. Selama dilakukan dengan sadar, hal tersebut bukanlah suatu penyimpangan yang layak dijadikan ejekan.
Para psikolog yang menjadi peneliti mengatakan, berbicara sendiri akan mempercepat sebuah persepsi. Selain itu, tindakan tersebut membantu otak untuk berpikir lebih cepat dalam menemukan solusi permasalahan yang tepat terhadap sebuah masalah.
Peneliti melakukan serangkaian ujicoba terhadap sejumlah relawan. Relawan diminta untuk menemukan sebuah barang yang telah disembunyikan sebelumnya. Tugas mereka adalah berlomba untuk menemukannya secepat mungkin. Relawan dibagi menjadi dua kelompok, yang pertama mencari barang dengan berbicara sendiri dan lainnya mencari barang tanpa disertai bicara sendiri. Mereka dipantau siapa yang lebih banyak menemukan solusi di antara dua kelompok itu.
Relawan yang diminta mencari barang sambil bicara sendiri diketahui lebih cepat dalam menyelesaikan tugasnya dibanding mereka yang hanya diam saja. Dari situ disimpulkan ada pengaruh positif ketika seseorang menangani suatu masalah dengan aktivitas berbicara sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar