Minggu, 29 April 2012

Mengatasi Kurang Tidur

Sepertinya sangat wajar jika seorang ibu baru kehilangan beberapa jam waktu tidurnya. Bangun malam untuk menyusui, rnenyiapkan botol susu, bahkan mengganti popok dan menenangkan si kecil di malam hari merupakan hal yang dihadapi seorang ibu baru.
Hal ini menyebabkan siklus tidur kita menjadi tidak teratur. Nah, berikut ada beberapa tips untuk mengatasi kurang tidur:
• Segera tidur jika si kecil tertidur.
• Buat prioritas pekerjaan.Tidak semua pekerjaan rumah tangga harus diselesaikan saat itu juga bukan? Nah, buat saja daftar pekerjaan yang memang “urgent” dan harus saat itu selesai. Pekerjaan lain bisa menunggu. Misalnya: setrika pakaian, hanya saat kita hendak memakainya, belanja keperluan rumah cukup, seminggu sekali, atau titip pada suami, bahkan bisa juga gunakan fasilitas delivery order.
• Jangan sungkan untuk menerima bantuan. Entah dari suami, orang tua, mertua, sahabat, atau kerabat. Selagi ada yang menjaga si kecil gunakan waktu yang ada sebaik mungkin. Entah untuk melakukan pekerjaan yang ringan, atau bahkan untuk tidur sejenak.
• Makan makanan bergizi. Dan ingat untuk selalu makan teratur.
• Hindari makanan yang berkafein, cokelat, atau minuman
mengandung banyak gula. Makanan dan minuman jenis ini memang membuat kita merasa “bergembira” tapi efeknya hanya sesaat, setelah itu kita akan kembali merasa lesu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar